Saturday 1 March 2014

Cara Memilih Tema dan Judul yang Tepat Untuk Tugas Akhir (Skripsi) Ilmu Komputer


March 1st, 2014.

Seringkali kita merasa bingung ketika akan menentukan Tema maupun Judul yang akan kita angkat untuk Tugas Akhir Kuliah, terkecuali jika anda mengambil jurusan non-skripsi yaaa...
Khusus untuk teman-teman yang mengambil jurusan/program studi Ilmu Komputer, mari kita sharing (walaupun pada saat ini saya belum menyandang predikat 'Lulus').

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk pengambilan tema dan judul yang tepat :
  1. Tema, sebelum menentukan judul yang tepat tentunya kita harus memilih tema terlebih dahulu sesuai dengan kapasitas dan kemampuan kita. Memilih tema yang menarik dengan konsep yang matang sangatlah diperlukan, jangan hanya memikirkan tentang konsep saja tapi kita juga harus menyukai apa yang akan kita angkat untuk Tugas Akhir agar kita selalu semangat dan antusias setiap langkah pengerjaanya, baik dalam pengerjaan proposal, laporan hasil maupun programnya. Banyak materi-materi di Matakuliah yang anda bisa ambil sebagai tema untuk Tugas Akhir. Misalnya, anda menggemari materi-materi di Matakuliah Kriptografi atau  Sistem Pakar, nah anda bisa mengambil salah satu metode yang anda pelajari di kelas perkuliahan untuk diimplementasikan di Tugas Akhir anda.
  2. Judul, setelah anda memiliki Tema maka saatnya anda untuk merancang Judul anda, bila perlu anda harus mencari referensi sebanyak mungkin dan melakukan komparasi dari penelitian-penelitian yang sebelumnya sudah dimuat ke dalamm jurnal. Pemilihan judul yang tepat sesuai dengan konsep sangatlah perlu, tapi ada yang penting selain point tersebut yaitu buatlah judul yang menarik untuk Tugas Akhir anda.
  3. Metode, yaaaa proses pencarian metode yang tepat untuk kita gunakan (mungkin) akan memakan waktu yang cukup lama (begitupun yang terjadi kepada saya). Pemilihan metode yang akan digunakan haruslah relevan dengan objek yang akan diteliti dan tentunya harus sesuai dengan tujuan penelitian.

August 11st, 2015.

Let me cut to the chase, setelah satu bulan lebih dua minggu semenjak penulisan artikel ini dengan mengucapkan rasa syukur yang tiada henti-hentinya akhirnya saya bisa menyandang predikat lulus dari program studi Ilmu Komputer. Pada saat itu saya di-yudicium pada tanggal 17 April 2014.

Setelah melakukan perdebatan dengan diri sendiri akhirnya tema yang saya ambil untuk melengkapi Tugas Akhir adalah seputar Grafologi, istilah yang digunakan dalam suatu keilmuan untuk mengamati tulisan tangan seseorang. Berawal dari kebiasaan aneh yang suka mencorat-coret buku milik pribadi maupun teman-teman dekat dengan guratan tanda tangan (maklum saya sempat berangan menjadi penyanyi atau penulis terkenal yang bisa membagi-bagikan guratan tanda tangan kepada para penggemar saya kelak, maka dari itu saya melakukan banyak pelatihan pada diri saya sendiri dengan cara menggoreskan pena dan menorehkan tanda tangan di buku tulis pribadi maupun milik teman-teman).

Pada kesempatan yang langka ini saya juga ingin sekali meminta maaf pada teman-teman yang kenal saya dan sempat menjadi korban penggoresan pena tersebut. Semoga kalian tidak mengalami trauma sehingga kalian tidak menjadi pelaku selanjutnya. Akhirnya saya mendapat ide mengapa tidak membuat skripsi yang ada sangkut pautannya dengan Grafologi Tanda Tangan.

Kindly open my sitemap for the details post with tag ComputerScience :)

author by Aishipup
published on 010314
edited on 110815

Load comments...

2 comments