Wednesday 25 April 2012

5 Profil Wirausahawan di Bidang IT

Anne Ahira

Mungkin diantara kalian para online marketer, nama Anne Ahira (AA) tidak asing lagi di telinga. Namanya mulai mencuat di berbagai media massa (Indonesia) sejak tahun 2004, kepiawaiannya di bidang pemasaran online melambungkan namanya sebagai pakar Internet Marketing terbaik di Indonesia.

Tahukan anda?
Dari beberapa informasi artikel yang saya temukan, Anne Ahira (AA) pernah mendapatkan diagnosis bahwa beliau memiliki penyakit yang didambakan oleh banyak orang di Amerika.Ada yah penyakit yang didamba? Nama penyakitnya adalah ADD, penyakit yang disinyalir seringkali diderita oleh seorang yang genius. Well, sepertinya bukan hanya orang Amerika yang mendambakannya. hehehe...

Persamaan saya dengan Anne Ahira? Oh tentu saja Initial nama kami: AA (Aismika Aigustin), Fixed.

Ita Yulianti

Ita Yulianti (IY) ialah seorang entrepreneur di bidang IT. Beliau sukses mengembangkan bisnis infrastruktur telekomunikasi yang memiliki omzet (menurut KBBI 'omzet' ya, bukan 'omset', sendirinya baru sadar) ratusan miliar rupiah. Bisa kebayang dong ada berapa digit penghasilan beliau!!

Kiprah suksesnya menjadi oasis tersendiri bagi industri telekomunikasi. Beliau selalu mengikuti perubahan trend dalam berbisnis, maka dari itu bukan hanya merambah dunia IT saja tetapi perempuan tangguh yang berjiwa sosial ini juga mengepakan sayapnya di bidang kuliner dan fashion.
Selain tangguh, saya dan beliau tidak memiliki kesamaan inisial nama. Apasih...

Berikut ini adalah daftar dari perusahaan yang berkaitan dengan beliau:
1. PT. Alita Praya Mitra sebagai CEO dan Owner.
2. PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI) sebagai transmission engineering.
3. PT. Nasio Karya Pratama sebagai President Commissioner.
4. PT. Indosat Tbk. sebagai Conceptor and Design.
5. PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk. sebagai Main Contractor and System Integrator.
6. PT. Satelindo sebagai Main Contractor dan System Integrator.
7. PT. XL Axiata Tbk. sebagai Main Contractor dan System Integrator.
8. PT. Buana Selaras Globalindo sebagai Main Contractor dan System Integrator.
9. Alita Cambodia Co.Ltd sebagai CEO.
10. PT. Smart Aplikasi Indonesia sebagai CEO.
11. PT. Nutech Integrasi sebagai CEO.
Mohon koreksinya jika saya ada kekeliruan, readers sekalian dapat berkomentar dikolom diskusi.

Matthew Charles Mullenweg

Siapa diantara para readers yang merasa sangat familiar dengan aplikasi open source WordPress? Tentunya jika kalian ingin tahu sejarah dari aplikasi tersebut berikut adalah rangkuman tentang Founder-nya.

Matt seorang pengembang CMS Wordpress yang sangat populer.
Menakjubkan, pasalnya studi beliau bukanlah di bidang teknologi komputer dan programming, namun beliau berhasil mendirikan serta mengembangkan software yang kini sangat terkenal yakni WordPress.com.

Beliau pernah bekerja di perusahaan CNET, walau pada akhirnya perusahaan tersebut adalah perusahaan terakhir tempat beliau bekerja, pada akhirnya Matt yang memiliki rasa percaya diri tinggi beliau berani mengambil resiko untuk berhenti dari perusahaan tersebut dan menghabiskan waktunya untuk fokus mengembangkan WordPress.

Michael Saul Dell

Dell ialah seorang pebisnis, investor, penulis, seseorang yang dermawan pencinta umat manusia dan berusaha untuk mempromosikan kebaikan orang lain jika disingkat ia merupakan filantropi.
Saat usianya menginjak 15 tahun beliau memulai proyek komputer. Berkat rasa keingintahuannya, ia membongkar komputer baru Apple II untuk melihat komponen-komponennya dan mencoba merakitnya kembali.

Intermezzo, jadi para readers yang memiliki seperangkat komputer Apple jangan ragu untuk membongkar komputer kalian dan lihatlah komponen di dalamnya. Jangan sayang! Siapa tahu kalian menjadi Dell-Dell di era berikutnya.

Bisnis awal komputernya bernama PC's Limited, produk tersebut go public di tahun 1988 dan sempat berganti nama menjadi Dell Computer Corporation dan akhirnya menjadi Dell, Inc.
Dell memiliki strategi penjualan yang unik, yakni customer dapat memesan langsung komputer sesuai keinginan mereka melalui telepon ataupun internet. Kelemahan yang menjadi kelebihannya, modal terbatas tetapi dapat memahami kemauan pembeli. Satu kata untuk strategi dari Dell, berhasil.

Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim 

Seseorang yang menemukan YouTube inc. pada 14 February 2005. Jawed Karim meninggalkan perusahaan untuk mengejar level yang lebih tinggi lagi di stanford university. Sejak terbitnya popularitas YouTube, situs ini mendapat award, “best invention of the year”, (penemuan terbaik tahun ini) oleh majalah Time dan menjadi situs pertama yang mendapatkan award, “entertainer of the year” (penghibur tahun ini) oleh “entertainment weekly”. Chad dan Steve menerima beberapa honor dan pengetahuan dari business and entertainment communities termasuk : business 2.0’s “50 most influential people”, GQ’s “men of the year” and fortune’s “most powerful people in business”. Mereka juga menonjol dimajalah Time “person of the year” isu dan menerima kredit karena pengaruh besar pada publikasi.

Tentang Artikel

Artikel ini originalnya dipost pada Tahun 2012, berawal dari tugas mata kuliah Kewirausahaan di program studi Ilmu Komputer yang diminta untuk dipublikasikan di Blog masing-masing. Pada saat itu artikel ini dibuat dengan hanya (maaf) sekedar copy-paste informasi yang didapat dari wikipedia dan postingan dari para blogger lainnya (mohon jangan ditiru).

History Post:
2013 - 2014: Segan untuk mengedit karna yang berlalu biarkanlah berlalu (baper...).
2015: Update postingan, hanya sekedar mengedit allignment yang cukup berantakan dan font yang tidak teratur (diakibatkan karna co-pas).
2016: Segan untuk menghapus karna viewer-nya lumayan meskipun tidak terlalu banyak.
2017: Postingan ini telah di update kembali dengan merubah beberapa kalimat original agar kesannya tidak terlalu co-pas hahaha... (move on!!).


author by Aishipup
published on 250412
re-edited on 131217

Load comments...

2 comments