Wednesday 12 August 2015

Judul Proposal Ilmu Komputer Bertemakan Grafologi Tanda Tangan

JUDUL PROPOSAL ILMU KOMPUTER TENTANG TEMA GRAFOLOGI TANDA TANGAN

Judul (1)?

Program studi yang saya ambil ketika di bangku perkuliahan adalah Ilmu Komputer di salah satu universitas swasta bertempatkan di Bogor. Ada beberapa tahapan untuk mendapatkan gelar S.Kom (Sarjana Komputer) yaitu:
  1. Seminar Praktek Lapang
  2. Seminar Rencana Penelitian (seminar proposal pengajuan judul untuk Tugas Akhir)
  3. Sidang Hasil
  4. Sidang Skripsi
  5. Ujian Komprehensif
Setelah melakukan pengumpulan beberapa referensi dan melakukan pertimbangan terhadap tema, judul dan metode yang akan digunakan untuk Tugas Akhir finally saya mengajukan proposal dengan judul Pengenalan Tanda Tangan Berdasarkan Grafologi Menggunakan Transformasi Wavelet sebagai Praproses dan Klasifikasi Algoritma VFI5.

Ternyata penilaian saya salah terhadap judul tersebut, judul yang cukup panjang dan terkesan keren karena metode yang diusungnya itu hanya membuat saya terkesan keren jika ada yang bertanya 'Apa judul proposalmu?'. Pada kenyataannya judul tersebut membuat saya harus mengalami perombakan metode dan konsep dari awal lagi. Yaaa... dari awal lagi. Padahal saya sudah mengumpulkan lebih dari 10 jurnal yang bertemakan Grafologi sebagai penguat judul yang akan saya ajukan, dan saya sudah membeli buku Matlab setebal tissue 120 sheets sebagai acuan untuk membuat landasan teori. Akan tetapi judul tersebutlah yang membantu saya hingga bisa mendapatkan SK untuk melakukan Seminar Rencana Penelitian.

Judul (2)?

Setelah melakukan banyak analisa dan konsultasi dengan para mastah pemrograman serta teman-teman seperjuangan, akhirnya saya pun melakukan komparasi dari beberapa penelitian kakak kelas sebelumnya dan menggabungkannya menjadi satu. Hingga terbentuklah judul dengan metode hasil penggabungan penelitian sebelumnya, yaitu Penerapan Metode Fraktal dan Euclidian Distance Terhadap Identifikasi Tanda Tangan Berdasarkan Grafologi.

Latar Belakang?

Manusia memiliki kepribadian yang unik dan berbeda-beda antar satu sama lainnya. Manusia selalu memiliki rasa keingintahuan dan antusiasme yang tinggi untuk mempelajari tentang karakteristik kepribadian lebih lanjut lagi. Sejauh ini masih bantak orang yang tidak mengatahui potensi diri maupun karakter yang dimilikinya, dengan mengetahui dan memahami karakter diri maka seseorang dapat mengetahui kekurangan dirinya serta dapat memaksimalkan potensi yang terdapat dalam dirinya

Tanda tangan biasanya terdiri dari karakter spesial yang berornamen yang terkadang sulit terbaca. Tanda tangan digunakan sebagai suatu mekanisme utama dalam proses autentifikasi dan autorisasi pada transaksi yang bersifat formal dan legal. Tanda tangan digunakan untuk mengidentifikasi diri, misalnya pada saat akan melamar kerja kita harus membubuhkan tanda tangan sebagai pengenal identitas di surat lamaran dan di lembar curriculum vitae. Dengan mengenali dan mempelajari pola tanda tangan seseorang kita dapat mengetahui karakter dan potensi yang ada dalam dirinya.

Penelitian ini mencoba untuk mengembangkan metode analisis ilmu Grafologi dengan data uji citra tanda tangan. Keanekaragaman pola tanda tangan yang banyak dapat membuat identifikasi menjadi sulit, salah satu prosesnya yaitu pengidentifikasian dilakukan dengan cara text book berdasarkan ilmu Grafologi (Handwriting Analys). Waktu yang diperlukan akan cukup lama dan sulit jika tanda tangan dapat dilakukan dengan cara berbasis citra. Oleh karena itu pada penelitian ini dikembangkan aplikasi identifikasi citra tanda tangan untuk menganalisa karakteristik manusia menggunakan metode fraktal dan euclidian distance untuk pengukuran kemiripan citra.

Tujuan?

Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan analisa grafologi identifikasi tanda tangan menggunakan metode fraktal dan euclidian distance.

Ruang Lingkup?

Ruang lingkup penelitian ini menggunakan metode kode fraktal dan dimensi fraktal untuk proses ekstraksinya, dan metode euclidian distance sebagai klasifikasi untuk mengukur kemiringan citra. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan 10 karakteristik pola citra tanda tangan sebagai data training dan masing-masing terdiri dari 5 citra tanda tangan, dan beberapa data berupa citra tanda tangan responden sebagai data uji dengan preprocessing RGB ke grayscale. Perangkat lunak yang digunakan untuk pembuatan aplikasi ini adalah Adobe Dreamweaver CS6 untuk pemrograman PHP dan XAMPP MySql sebagai database.

Manfaat Penelitian?

Manfaat dari penelitian ini adalah menghasilkan penciri citra tanda tangan dan identifikasinya agar dapat digunakan untuk membantu para grafologis dan psikolog dalam menganalisis karakteristik manusia berdasarkan pola tanda tangannya.

Tinjauan Pustaka?

Isi dari tinjauan pustaka yang saya gunakan dalam proposal ini adalah seputar definisi dari Grafologi, Tanda Tangan, Klasifikasi Citra, Fraktal, Dimensi Fraktal, Kode Fraktal, dan Euclidian Distance.

Tahapan Penelitian?

Akuisisi Citra?

Jenis pola tanda tangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah 10 jenis pola dan masing-masing dari jenis tersebut terdiri atas 5 citra tanda tangan sehingga totalnya adalah 50 data. Citra tanda tangan di akuisisi dengan cara di scan menggunakan mesin scanner atau dipotret menggunakan kamera digital. Adapun hasil dari tahapan ini berupa citra digital dari gambar pola tanda tangan yang akan disimpan dalam database beserta informasinya sebagai data training.

Preprocessing Citra Tanda Tangan?

Preprocessing terhadap citra pola tanda tangan dilakukan pada tahapan ini, citra diseragamkan ukurannya menjadi 16x16 piksel dan melakukan perubahan bentuk citra ke dalam format grayscale 8 bit (28 = 256 derajat keabuan). Untuk mengubah warna dari format RGB ke grayscale menggunakan persamaan 5 (Jianxin et al, 2011).

Gray = 0,2989 x R + 0,5870 x G + 0,1140 x B ...............(persamaan preprocessing)





Tentang Artikel 

author by Aishipup
published on 110815
Load comments...

0 comments