Friday 6 April 2012

Kewirausahaan dan Etika Profesi di Bidang Ilmu Komputer

Butuh Proses dan Fokus Menuju Sukses dalam Segala Bidang 


Kewirausahaan dan etika profesi menurut saya pribadi (065110016) bila dilihat dari sudut pandang secara definisi maupun pengertiannya adalah tata cara sikap diri yang bercermin pada kesopanan dan norma yang berlaku dalam berprofesi di bidang kewirausahaan, baik itu dalam hal legalitas profesionalitas dan kuantitas yang kita tawarkan terhadap suatu tuntutan tertentu. Berwirausaha dengan suatu profesi yang menjadi pilihan diri sejak mandiri dalam bidang Ilmu Komputer dengan mengedepankan tata aturan sebagai penggerak IT. Kita merupakan subjeknya, wirausaha merupakan objeknya, dan beretika merupakan penggeraknya, sedangkan profesi merupakan medianya. Semua terintegrasi menjadi suatu hal yang saling berkaitan satu sama lainnya.

SUDAHKAN ANDA JUJUR? Atau SUDAHKAN SAYA JUJUR? Pertanyaan yang cukup sederhana bukan?

Membutuhkan pertanggungjawaban atas segala yang kita ucapkan dan lakukan. Lalu apa hubungannya antara kewirausahaan dan etika profesi?

Kebanyakan orang sudah mengetahui istilah maksud dari kalimat berikut 'mata uang yang berlaku di seluruh negara adalah kejujuran', dan kejujuran merupakan sebuah salah satu etika kebaikan dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Begitupun dalam hal berwirausaha, selain diperlukan profesionalitas dan loyalitas ada hal yang lebih penting yaitu kejujuran. Apapun bidangnya tidak menutup kemungkinan bahwa kredibilitas etika seseorang sangat menentukan.

Sukses dan gagal adalah tolak ukur bagi diri seseorang mengenai pencapaiannya dalam hal berwirausaha. Tanpa gagal tidak akan ada sukses begitupun sebaliknya, tanpa sukses kita tidak akan pernah merasakan kegagalan yang membawa kita pada nikmat kesuksesan.


Berbicara atau berpendapat mengenai wirausaha etika profesi dan spesifikasinya dalam bidang Ilmu Komputer mengingatkan saya pada sebuah lagu pupujian yang sering dibawakan oleh anak pengajian ketika saya berada di Sekolah Dasar:


Ieu
jaman GLOBALISASI... 
Seueur budak tara daek ngaji... 
Beurang
peuting nonton tipi... 
Nu di tiru jalma luar negeri... 
Jadi kolotna
sing ati-ati...


Artinya :


Ini zaman GLOBALISASI...
Banyak anak yang tidak mau mengaji...
Siang malam nonton tv...
Yang ditiru gaya orang luar negeri (yang kebarat-baratan)...
Yang jadi orang tua nya harus berhati-hati...


Kata yang dengan sengaja saya gunakan uppercase semua adalah GLOBALISASI? Zaman sudah globalisasi, semua teknologi kini rata-rata mengandalkan kinerja komputer. Saya mungkin khususnya dalam beberapa waktu ke depan menjadi seorang penyaji, pemerhati atau penganalisis dalam bidang tersebut (Aamiin) dipastikan membutuhkan sebuah profesi yang kelak dapat membawa diri saya pada kesuksesan secara hakekatnya. Kembali lagi ke bahasan awal, dalam berprofesi dibutuhkan etika dan moral. Semua itu akan mengantarkan kita pada jalur yang tepat dan sesuai dengan apa yang kita kehendaki, salah satunya dalam hal berwirausaha.




Tentang Artikel

Artikel ini merupakan salah satu tugas mata kuliah Kewirausahaan di program studi Ilmu Komputer yang harus di publikasikan di blog masing-masing.


author by Aishipup
published on 160412
edited on 110815


Load comments...

0 comments