Sunday 28 February 2016

Penerapan Dimensi Fraktal dengan Metode Euclidian Distance


Pengklasifikasian citra menggunakan metode Euclidian Distance untuk mengukur kemiripan antara data uji (citra yang di upload) dan data training. Perhitungan menggunakan metode Euclidian Distance membutuhkan nilai training dan nilai uji. Nilai uji didapatkan dari proses upload citra tanda tangan yang akan di identifikasi, sedangkan nilai training didapatkan dari tabel hasil ekstraksi pada database. Kalkulasi perhitungan umumnya nilai training dikurangi hasil nilai uji. Semua perhitunganya diulangi dari kelas 1 sampai 10. Rumus perhitungannya menggunakan persamaan 6 yang merupakan turunan dari persamaan 4.

Contoh perhitungan menggunakan metode Euclidian Distance untuk klasifikasi dari metode dimensi fraktal (Citra Data Training):
Data Citra Uji:

  • Iterasi 1


  • Iterasi 2


  • Iterasi 3


Kesimpulan hasil perhitungan dari ketiga iterasi menggunakan metode Euclidian Distance berdasarkan dimensi fraktal, maka iterasi pertama yang nilainya paling mendekati dengan Klasifikasi Grafologi 'A', maka citra tanda tangan sebagai citra uji diklasifikasikan menjadi kelas A.

 

Tentang Artikel 

Artikel ini merupakan sepenggal isi dari Proposal penelitian yang pernah penulis ajukan untuk Tugas Akhir di program studi Ilmu Komputer.
Kindly open my sitemapt to see related post with tag ComputerScience :)


Load comments...

0 comments